Jumat, 11 April 2014

Satuan Internasional untuk panjang

Hsil pengukuran besaran panjang biasanya dinyatakan dalam satuan meter, sentimeter, milimeter dan kilometer. Satuan besaran panjang dalam SI adalah meter. Pada mulanya satu meter ditetapkan sama dengan panjang sepuluh juta dari jarak kutub utara katulistiwa melalui Paris. Kemudian dibuat batang meter standar dari campuran Plantina-Iridium. Satu meter didefinisikan sebagai jarak dua goresan pada batang ketika bersuhu 0 C. Meter standar ini disimpan di Internasional Bureau of Weight and Measure di Sevres dekat Paris.
Batang meter standar dapat berubah dan rusak karena dipengaruhi suhu, serta kesulitan dalam menentukan ketelitian, maka tahun 1960 batang meter standar diubah. Satu meter didefinisikan ssebagai jarak 1 650 763,72 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom gas krypton 86 dalam ruang hampa pada suatu lucutan listrik.
Pada tahun 1983 konferensi Internasional tentang timbangan dan ukuran memutuskan satu meter merupakan jarak yang ditempuh cahaya pada selang waktu 1/229792458 sekon. Penggunaan kecepatan cahaya ini, karena dianggap selalu konstan.

0 komentar:

Posting Komentar